Mau Jago Smartphone Photography? Ini Dia 5 Trik Sederhananya

Gengs, sudah tahu tentang mobile photography?

Belakangan ini, mobile photography, tuh, jadi tren di kalangan penggiat fotografi, terutama kalangan milenial.

Kenapa, sih, mobile photography bisa ngetren?

Ya, karena kepraktisan dari smartphone. Sudah pada hafal, ‘kan, kalau generasi milenial itu antiribet. Mereka lebih suka dengan yang praktis dan efisien. Nah, penggunaan kamera smartphone untuk kebutuhan fotografi sangatlah effortless. Kita ngga perlu lagi tuh membawa kamera profesional yang berat. Simpel.

Seiring dengan perkembangan teknologi, smartphone kelas menengah hingga atas pun sudah punya kamera yang bagus. Kalau kita lihat tren kamera smartphone, sekarang banyak yang menawarkan kamera ganda bahkan triple camera dengan kemampuan lensa yang berbeda-beda. Dan yang baru-baru ini ada tren smartphone dengan resolusi kamera besar seperti 48MP. Semua demi memfasilitasi milenial yang hobi fotografi.

Nah, kali ini gue mau berbagi tips terkait mobile photography. Gimana, sih, caranya mendapatkan hasil foto terbaik dengan menggunakan kamera smartphone? Cuss, ikuti beberapa tips sederhana ini.

1. Warna

Saat kita mencari objek untuk difoto, umumnya mata kita akan tertarik pada warna yang cerah dan dramatis. Contohnya nih, langit senja yang bernuansa jingga. Aturlah kamera smartphone agar mampu mendapatkan pengaturan yang pas sehingga warna-warna yang kita jepret bisa tampak dengan jelas dalam foto.

Oh iya, warna-warna monokrom alias hitam putih juga bisa tampil menarik, kok, di smartphone kita. Triknya adalah cari komposisi warna yang tepat, gunakan pengaturan kamera smartphone yang pas dan jangan lupa, gunakan lensa yang beresolusi besar, yah.

2. Komposisi

Nah, kembali kita ngomongin komposisi ya. Komposisi memang sangat teknis, cara yang paling mudah untuk mendapatkan komposisi yang tepat adalah dengan meletakkan objek foto di tengah. Kreasikan juga dengan tehnik pengambilan anle atau sudut pandang. Jangan ragu untuk menjepret dari segala sudut yah.

3. Momen

Tentu saja momen yang menarik itu ngga selalu pasti ada. Akan tetapi, momen bisa diperhitungkan dan diprediksi. Momen juga bisa kita tunggu, kok. Yang harus diperhatikan terkait momen adalah kesiapan smartphone kita. Jangan sampai ketika momen itu datang kamera smartphone kita malah tidak siap.

4. Pencahayaan

Pencahayaan yang memadai itu engga kalah penting. Untuk fotografi outdoor, trik mendapatkan pencahayaan yang pas adalah sebelum posisi matahari terlalu tinggi di atas kepala atau setelah matahari mulai tenggelam.

Trik untuk mendapatkan hasil foto bagus pada saat malam hari adalah dengan menggunakan kamera smartphone yang punya fitur Ultra Night Mode, karena dengan fitur ini kita bisa tetap mendapatkan hasil foto yang cerah walaupun minim cahaya. Hindari flash, yah. Lampu flash akan membuat foto menjadi tidak natural.

5. Gunakan perangkat yang tepat

Yap, namanya juga mobile photography, artinya perangkat yang kita gunakan adalah kamera smartphone yang mumpuni. Setuju?

Salah satu smartphone yang punya kualitas kamera menakjubkan adalah OPPO Reno. Dengan kamera ganda yang sangat bisa diandalkan untuk fotografi, OPPO Reno pasti bakal bikin pengalaman mobile photography makin seru.

OPPO Reno dibekali lensa utama dengan sensor 48MP aperture f/1.7 Lalu ada juga  lensa depth 5MP aperture f/2.4 yang mampu menghasilkan foto dengan efek bokeh.

Lensa utama OPPO Reno bukaannya besar jadi sensitif terhadap cahaya. OPPO Reno juga punya fitur Ultra Night Mode 2.0, sehingga foto malam yang dihasilkan punya kualitas baik, minim noise, dan tetap tajam.

Nah, kamera depan OPPO Reno juga ngga kalah kece. OPPO Reno mengusung konsep Pivot Rising Camera yang merupakan teknologi baru kamera rising camera Uniknya, ketika muncul, kamera depannya akan membentuk sudut yang menyerupai sirip hiu. Lensa di kamera depan beresolusi 16MP dengan aperture f/2.0.

Daya tahan Pivot Rising Camera sudah diuji oleh OPPO, dan OPPO mengklaim desain ini lebih hemat daya dan punya daya tahan yang lebih tinggi.

Secara keseluruhan kamera OPPO Reno bisa menghasilkan foto-foto terbaik dengan kualitas tajam dan cerah. Baik di siang ataupun malam hari. Dengan kata lain, kebutuhan para penggemar fotografi pun bisa diakomodasi dengan baik oleh OPPO Reno.

Lanjut ke body dan layarnya, yah. OPPO Reno mengusung desain layar fullscreen tanpa notch yang disebut Panoramic Full Screen. Layarnya berjenis OLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi Full HD+ dan telah dilapisi Corning Gorilla Glass 6. Sensor sidik jari sudah disematkan di dalam layar, lho. 

OPPO Reno juga punya mesin dengan performa terbaik untuk menunjang aktivitas penggunanya, misalnya saja bermain game online, menonton video streaming, ataupun aktivitas komputasi lainnya. OPPO Reno ditenagai oleh prosesor octa-core 2.2 GHz Snapdragon 710, RAM 6GB, serta ROM 256GB. Semuanya, menopang seluruh proses yang berjalan di atas ColorOS 6 berbasis Android Pie.

Untuk mendukung kegiatan mobile photography, OPPO Reno punya baterai berkapasitas 3.765 mAh dan sudah didukung teknologi VOOC Flash Charge 3.0, yaitu teknologi pengisian daya cepat khas OPPO. Dengan VOOC Flash Charge 3.0, baterai OPPO Reno dapat terisi penuh hanya dalam waktu 80 menit dari kondisi 0%.

Baterai yang besar dan tahan lama serta fitur fast-charging sangat dibutuhkan untuk milenial yang aktif dan dinamis. Kalau kamu lebih sering di luar ruangan dan hunting foto menggunakan smartphone, kamu butuh smartphone yang “always on”. Nah, OPPO Reno bisa jadi pilihan tepat untuk kamu.

***

Gimana, kapan mau cobain mobile photography pakai OPPO Reno? Informasi lengkap tentang OPPO Reno bisa dilihat di https://www.oppo.com/id/smartphone-reno/ ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.