WordPress Self Hosting Untuk Performa Terbaik Blog Anda

Pernah mendapatkan beberapa pertanyaan, enak pakai blogspot atau wordpress ya ?

Atau sempat galau dan bingung memutuskan memilih keduanya ?

Jika bingung segera sholat istikharah ya, hihi

Sebenarnya ini simple banget sih, apalagi jika kalian udah baca postingan saya ini, pasti nanti langsung bisa memilih dengan mantab. Sebelum lebih jauh yuk kenalan sama wordpress dulu ya.

Kenalan dengan WordPress

WordPress adalah aplikasi opensource untuk blog. Bahasa IT nya wordpress termasuk salah satu CMS (Content Management System ). WordPress yang ditemukan oleh Matt Mullenweg Mike Little pada tahun 2003 ini ternyata semakin terkenal dan digunakan banyak orang karena dianggap lebih efisien dan efektif dalam pengelolaan blog ataupun website.

WordPress ini merupakan aplikasi gratis, dan bisa dimodifikasi oleh siapa pun sesuai kebutuhan pengguna. Kemudahan plugin yang ditawarkan pun membuat saya tertarik karena di wordpress banyak sekali plugin untuk menambah fitur website hanya dengan satu klik saja.

Banyak hal yang membuat saya betah hamper 3 tahun ini menggunakan wordpress. Jadi sepertinya bakal tetep milih wordpress sebagai teman setia menulis dan berkarya.

Keunggulan wordpress

Menurut pengalaman yang saya lalui bahwa ternyata keunggulan wordpress itu banyak sekali diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Ramah untuk pemula

Saya memilih menggunakan WordPress adalah karena kemudahan yang ditawarkan. Bayangkan, untuk membuat halaman website atau blog yang cantik saja tidak perlu repot memahami coding atau harus ahli pemrograman dulu. Cukup mudah diaplikasikan apalagi untuk para pemula. Tentunya kemudahan sangat menunjang efisiensi waktu dan kita menjadi lebih memikirkan isi dari kontentnya dan gak ribet dengan tampilan web/blognya.

  • Kaya akan plugin

Kemudahan berikutnya yang ditawarkan oleh wordpress adalah banyaknya plugin yang dapat digunakan untuk lebih mengoptimalkan situs/website Anda.

Misalnya, untuk menghindari spam langsung dapat dipasang plugin Akismet. Kemudian untuk mengoptimalkan SEO pada wordpress dapat digunakan plugin All in On SEO atau plugin SEO yang lain sesuai dengan kebutuhan.

 Saat menggunkan plugin di wordpress ada beberapa hal yang harus diperhatikansupaya penggunaan plugin menjadi efisien dan efektif. Plugin harus diupdate sesuai dengan kebutuhan. Usahakan tidak menginstal plugin yang fungsinya hamper sama karena akan memakan banyak space. Kemudian jika plugin sudah tidak digunakan segera deactive dan hapus supaya tidak membebani wordpress Anda.

  • Tema lebih beragam dan bagus

Urusan penampilan website memang tidak dapat dianggap sepele. Karena daya Tarik terbesar dari pembaca itu adalah tampilan website yang bagus dan responsive. Nah, untuk para pemakai wordpress,  Anda tidak perlu kebingungan dan repot lagi karena wordpress memiliki segudang tema yang beragam dan bagus. Selain bagus, template tema yang ada di wordpress juga sudah SEO Friendly dan support untuk mobile responsive.

  • Tutorialnya banyak di internet

Untuk tutorial dan cara setting wordpress pun juga sangat mudah. Untuk orang amam yang tidak mengenal pemrograman pun dapat melakukan setting wordpress karena selain mudah juga banyak sekali tutorial yang ada di internet.

Saya juga pernah memberikan tugas kepada murid saya untuk membuat website dengan platform wordpress dan mereka sangat antusias dan  dapat melakukan dengan baik meskipun mereka newbie atau pemula. Jadi tidak ada alasan sulit untuk setting wordpress ya.

Pengalaman menggunakan wordpress self hosting

Sejak awal ngeblog saya lebih memilih menggunakan wordpress, selain beberapa alasan di atas, juga banyak keuntungan yang saya dapatkan dari wordpress. Nah jenis wordpress pun sebenarnya banyak sekali. Tetapi saya memutuskan menggunakan wordpress self hosting.

Apa sih wordpress self hosting itu ?

WordPress self hosting adalah wordpress yang dihostingi oleh pihak kita sendiri melalui jasa penyedia hosting yang bisa kita sewa, kita tinggal mengunduh CMS wordpress dari wordpress.org. Jadi berbeda jika menggunakan wordpress.com yang masih dihosting oleh pihak wordpress yang terikat oleh aturan tertentu.

Di Indonesia banyak sekali perusahaan hosting yang menyediakan wordpress hosting ini. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih hosting Indonesia selain harga, kapasitaspun juga harus diperhitungkan. Yang paling penting adalah jaminan aman dari penyedia hosting ya tentunya, agar website/ blog kalian bisa berjalan lancar dan aman.

Nah, selama ini saya menggunakan wordpress self hosting hanya satu masalah yang sering muncul yaitu kapasitas hosting yang terbatas, jadi saya harus expand kapasitas lebih supaya web berjalan dengan normal.

Tip lain untuk mengatasi masalah itu adalah, sering menghapus spam dan tentunya meresize ukuran foto. Semakin kecil ukuran foto akan memakan sedikit space disk dalam hosting kalian.

Urusan web hosting tentunya saya pasrahkan saja kepada qword karena selama ini saya menggunakan hosting dari qword, tidak pernah ada masalah serta pelayanannya selalu membuat saya puas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.